RnD BC

September 24, 2008

BCEP Behind the Scene

BCEP… BCEP…

Mungkin istilah ini hanya dikenal di kalangan terbatas.. ya masih terbatas. Apa itu BCEP ? mahkluk kah..? makanankah..? barang..? ato hanya istilah saja?

BCEP adalah Binus Center Education Partner, sebuah bentuk program kerjasama antara Binus Center dengan sekolah-sekolah. Program kerjasama ini adalah berupa program pelatihan yang umumnya berbasiskan IT. Bermacam-macam program IT yang ditawarkan.. antara lain mulai dari Aplikasi Pengolah Kata (semacam MS. Word), Aplikasi Pengolah Angka (semacam MS. EXCEL), Aplikasi Pengolah Gambar, sampai berbagai macam program IT lainnya.

Program BCEP ini sudah lama berjalan, dan sekolah yang paling banyak menggunakan program kerjasama ini adalah sekolah-sekolah yang berdomisili di Medan dan Jakarta. Meski Binus Center sendiri berlokasi di Jakarta, namun program kerja sama ini lebih banyak peminatnya di daerah-daerah khususnya Medan.

Dikarenakan kurikulum sering berubah-ubah… yang sebelumnya boleh dibilang tidak ada sampai kemudian muncul KBK (kurikulum Berbasiskan Kompetensi) sampai dengan saat ini muncul kurikulum yang dinamai KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

Awalnya ada rasa pesimis bagi saya oqie (salah satu tim pembuatan modul) karena gembar-gembornya dikalangan tenaga pengajar bahwa KTPS itu adalah Kurikulum Tidak Siap Pakai. Istilah inilah yang lebih populer dibanding arti yang sebenarnya.

Inilah yang Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Binus Center untuk memperbaharui modul-modul yang diajarkan di sekolah-sekolah yang menggunakan BCEP. Yang sebelumnya hanya berdasarkan kurikulum Binus Center tetapi harus beralih ke KTSP.

Akhirnya kami tim perumus kurikulum BCEP mancari data sebanyak-banyaknya tentang KTSP, apa itu KTSP, apa standar yang diharapkan dari kurikulum ini. Berbagai sumber kita gunakan, internet, buku, seminar, sampai pendapat dari instruktur BCEP itu sendiri, dll (instruktur adalah istilah untuk tenaga pengajar di Binus Center). Akhirnya dapat kita simpulkan goal yang diinginkan dari KTSP ini.

Namun permasalahan tidak hanya sampai di situ saja, ada satu lagi yang menjadi kendala yaitu SAS. Mahluk apa lagi SAS ini..? (nanti kita bahas di lain kesempatan). Kami tim pembuatan tak putus asa sial SAS ini. Setelah berkutat dengan berbagai sumber informasi akhirnya didapat kejelasan juga mengenai SAS (sekali lagi akan dibahas dilain kesempatan).

Saya (Oqie), Sari, Budi, Agus (chotai), dan Didin adalah tim pembuat modul BCEP versi KTSP. Kami dari Tim RnD Binus Center (RnD : Research and Developement, divisi di Binus Center yang khusus mengembangkan produk) mendapat tantangan untuk mengembangkan modul tersebut.

Setelah didata.. didapatlah sejumlah mata pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam paket modul BCEP, daftarnya banyak sekali… ya.. banyak sekali. Pengerjaan sebanyak itu harus diselesaikan dalam waktu 3 bulan (kalo gak salah). Soalnya Tahun Ajaran baru akan segera dimulai.. jadi harus selesai beberapa bulan sebelum TA mulai. Satu lagi tantangannya…. modul ini dibuat untuk SMP dan SMA.. wow.. SMP dan SMA. Tak cukup disitu tantangannya… kami membuatnya sebanyak 4 variasi.

Dengan semangat ‘45 (hehehe), selesai atau ditunda setahun lagi…!! kami harus bekerja cepat.. bahkan extra cepat untuk mencapai target.

Pengerjaan dibagi berdasarkan spesialisasi kami masing-masing, antara lain :

Sari – yang berbau Office merangkap project leader
Oqie – yang berbau design dan website
Budi – yang berbau programing
Chotai – yang berbau IT / Networking
Didin – muara dari semua modul yang kami hasilkan.
Dimulailah pembuatan modul… mulai dari Silabus dan SAP, kemudian baru masuk ke pembuatan Buku paket.

…….

…….

…….

Proses pembuatan modul sedang berjalan…

harap maklum…

semuanya lagi sibuk…

At the end…. semua berjalan lancar dan paket modul selesai tepat pada waktunya.

Di lain waktu kita akan berbincang-bincang ekslusif satu per satu dengan tim pengembang modul BCEP ini.

to be cont’ to BCEP part 2..

dari blog tetangga : oqie

Iklan

1 Komentar »

  1. Huahhhh

    Iyagh BCEP BCEP salah satu yang menyebabkan saya masuk Rumah Sakit gak yagh??? hahahahaha

    Tapi Alhamdulilah Akhirnya Untuk Urusan Kurikulum dan Modul Selesai

    Bangga dan terharu juga ternyata kita team yang bener2 solid..

    Komentar oleh Sari — September 24, 2008 @ 5:18 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: